Kamis, 02 Juli 2015

Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan Oleh Wanita




Kanker adalah penyakit mengerikan yang ditakuti semua orang. Sementara kita tahu penyakit ini sangat mematikan, tapi banyak orang yang tak sadar dengan gejala kanker. Oleh karena itu kita harus waspada terhadap gejala kanker.

Tubuh seseorang, terutama kaum wanita pasti selalu mengalami perubahan, dan terkadang perubahan yang normal itu biasa jadi gejala awal adanya kanker. Yang terpenting adalah dengan memberikan perhatian pada tubuh kita agar bisa mengenali gejala kanker yang banyak tak disadari oleh kaum perempuan.

Seperti dilansir dari berbagai sumber kedokteran oleh Tim Inawin.com , Selasa, 01 Juli 2015, berikut beberapa gejala kanker yang sering diabaikan oleh wanita.

1. Perubahan kulit 

Perubahan pada ukuran kulit, bentuk, dan warna pada tahi lalat atau titik di kulit bisa jadi tanda awal terjadinya kanker.

2. Sulit menelan

Sulit menelan bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan, tetapi jika kondisi seperti ini sering terjadi, apalagi disertai mutah dan penurunan berat badan, segera periksakan tubuh Anda ke dokter.

3. Perubahan payudara

Perhatikan jika di sekitar payudara Anda terdapat benjolan, kulit disekitar menjadi mengerut, puting masuk kedalam, keluar air dari puting meski tidak menyusui, atau terdapat tanda kemerahan di sekitaran payudara.

4. Kembung

"Wanita secara alami memang sering kembung. Jadi tak apa menunggu satu atau dua minggu sebelum ke dokter, siapa tahu gejalanya hilang," kata Marleen Mayers, dokter spesialis kanker dari NYU Langone Medical Center.

Namun jika gejalanya tidak membaik, dan malah disertai dengan penurunan berat badan serta pendarahan, segera pergi ke dokter. Kembung yang menetap bisa jadi gejala kanker ovarium

5. Pendarahan di siklus haid

Konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami pendarahan atau vlek di antara siklus haid. Pendarahan yang bukan di sebabkan oleh siklus haid bisa di sebabkan oleh beberapa hal, biasa nya dokter akan mengecek gejala kanker endrometriosis.

6. Daerah di urine atau tinja

Periksakan jika terdapat darah pada urine dan tinja, terutama bila terjadi lebih dari dua hari. Darah pada tinja juga bisa disebabkan oleh wasir, tapi itu juga merupakan gejala dari kanker kolon. Sementara darah pada urine bisa merupakan tanda dari kanker kantung kemih atau ginjal.

7. Rasa terbakar di dada

Terlalu banyak makan, minum alkohol, stres, juga dapat rasa seperti terbakar di dada. Cobalah ubah pola makan Anda, dan lihat perubahan pada satu minggu atau dua minggu apakah ada perubahan, jika tidak segera periksakan ke dokter.

8. Kelelahan

Rasa lelah yang berlebihan dan tidak pernah hilang juga harus diwaspadai, terutama jika disertai dengan gejala lain, seperti ada darah di tinja.

9. Berat badan turun tiba-tiba

Jika berat badan Anda turun lebih dari 5 kg dengan sendirinya, tanpa diet atau olahraga, maka Anda harus waspada. Hal semacam itu bisa saja terjadi karena stres, diabetes, atau gangguan tiroid. Namun, berat badan yang turun mendadak juga bisa menjadi tanda kanker pankreas atau paru.

10. Perubahan di kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening biasanya berukuran kecil dan memiliki bentuk seperti kacang di seluruh tubuh. Perubahan  pada kelenjar getah bening biasanya disebabkan oleh infeksi, tapi juga bisa karena beberapa kanker, seperti leukemia dan limfoma.















0 komentar :

Posting Komentar

fixedbanner